Daihatsu Motor Co., Ltd. memiliki lima pabrik yang tersebar di empat lokasi di Jepang untuk memproduksi berbagai jenis kendaraan. Setiap pabrik memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan global akan mobil merek Daihatsu dan Toyota.
Kelima pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi tahunan mencapai 940 ribu unit, yang memengaruhi dinamika pasar otomotif dalam negeri dan internasional. Inovasi dan komitmen terhadap lingkungan menjadi fokus utama dalam operasional pabrik-pabrik ini.
Baru-baru ini, PT Astra Daihatsu Motor mengundang jurnalis untuk mengunjungi Kyoto Oyamazaki Plant, sebagai salah satu pabrik paling inovatif dari Daihatsu di Jepang. Kunjungan ini memberikan gambaran jelas tentang bagaimana Daihatsu beradaptasi dengan tuntutan zaman.
Sejarah dan Kapasitas Produksi Pabrik Daihatsu di Jepang
Di antara kelima pabrik, Kyoto Oyamazaki Plant berdiri di lahan seluas lebih dari 16 hektar dan beroperasi sejak 1973. Dengan kapasitas produksi tahunan sekitar 230.000 unit, pabrik ini menyumbang sekitar 24 persen dari total kapasitas produksi Daihatsu di Jepang.
Pabrik ini memiliki tak waktu produksi yang mengesankan, yakni kurang dari satu menit per unit. Hal ini memungkinkan pabrik untuk memenuhi permintaan konsumen secara efisien.
Di antara produk yang dihasilkan, terdapat dua model utama, yaitu Daihatsu Thor serta kolaborasi antara Daihatsu dengan Toyota berupa model Roomy dan Subaru Justy. Selain itu, pabrik ini juga memproduksi Toyota Probox untuk pasar global.
Inovasi dan Upaya Menuju Produksi yang Ramah Lingkungan
Pabrik Kyoto Oyamazaki juga menjadi simbol komitmen Daihatsu terhadap prakarsa ramah lingkungan. Pembaruan fasilitas yang dilakukan pada tahun 2022 membawa peningkatan dalam daya saing serta teknologi produksi yang lebih efisien.
Dengan menggunakan konsep SSC—Simple, Slim, dan Compact—pabrik ini merancang sistem produksi yang fleksibel dan efisien. Ini mencerminkan pemikiran maju dalam dunia manufaktur otomotif yang terus berubah.
Dengan adanya konsep tersebut, proses produksi menjadi lebih ringkas dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Ini juga berkontribusi pada produktivitas karyawan yang lebih baik dan lingkungan kerja yang lebih nyaman.
Produksi Mobil Bersejarah dan Masa Depan Daihatsu
Selama lebih dari lima dekade, pabrik Kyoto telah memproduksi lebih dari 6,8 juta unit kendaraan. Salah satu model ikonik yang pernah diproduksi adalah Daihatsu Midget, atau yang lebih dikenal sebagai ‘Bemo’ di Indonesia, sebuah kendaraan roda tiga yang memiliki nilai historis tinggi.
Model tersebut menjadi bagian dari identitas transportasi di Indonesia, memperlihatkan bagaimana Daihatsu tidak hanya berinvestasi dalam produksi, tetapi juga dalam warisan budaya otomotif. Langkah ini memperkuat reputasi Daihatsu sebagai pelopor dalam industri otomotif.
Masi dengan visi ke depan, Daihatsu terus berinovasi untuk memenuhi tuntutan pasar yang kian berkembang. Melalui pembaruan fasilitas dan peningkatan sistem produksi, mereka bertujuan untuk tetap relevan di era mobilitas yang terus bergerak.











